Biaya Pemindahan Meteran Listrik 2020

Biaya Pemindahan Meteran Listrik 2020 – Jadi begini ceritanya, sudah setahun lebih saya mengurus tagihan listrik di rumah orang tua saya yang masih menggunakan sistem pascabayar. Saya berencana bermigrasi ke prabayar (listrik pintar) karena tagihannya meningkat (lebih dari dua kali lipat) dalam beberapa bulan terakhir. Di rumah saya sendiri, saya sudah menggunakan listrik pintar (mode kripto) sejak awal dan biayanya stagnan, bekerja dari rumah telah meningkatkan penggunaan tetapi tidak signifikan. Saya perhatikan kegunaan kami (rumah saya dan rumah orang tua saya) tidak jauh berbeda seperti pompa air jet, kulkas, mesin cuci, jumlah lampu, pendingin dan rice cooker. Selain itu saya menggunakan pemanas air, oven dan pemanggang roti. Namun jumlah KWH yang terpakai di rumah orang tua saya bisa 2 kali lipat dari jumlah yang terpakai di rumah saya (dibuktikan dengan nomor meteran di tagihan setiap bulannya). Nah, dimana masalahnya?

Awalnya saya mengira wattnya tinggi karena AC di rumah orang tua saya sudah sangat jadul. Tapi kenapa hanya meningkat dalam tiga bulan terakhir? Jawabannya sepertinya terdapat pada salah satu cuitan yang melintasi timeline Twitter. Alasan peningkatan ini adalah pihak berwenang mengganti meteran dua kali lebih cepat. Hahaha sial!

Biaya Pemindahan Meteran Listrik 2020

Jadi saya putuskan untuk mengubah mode PLN pascabayar menjadi mode token saja. Jadi penerapannya sudah jelas dan bisa kita sesuaikan sendiri. Saya mulai mencari informasi kesana kemari, apakah migrasi ini memerlukan biaya? Karena pernah saya mendapat informasi bahwa memasang perangkat baru bisa menghabiskan biaya lebih dari Rp 1 juta. Nampaknya tidak ada biaya untuk bermigrasi ke listrik pintar, alias gratis. Saya memutuskan untuk menulis artikel ini karena, sejujurnya, saya merasakan sedikit drama.

Begini Prosedur Pemindahan Meter Air Spam Batam 09 Maret 2022

1. Buka halaman resmi PLN https://portal.pln.co.id/, lalu masuk ke menu layanan pelanggan, selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman https://jasa.pln.co.id/. Di sinilah saya mulai bingung, karena terus terang tampilannya kurang user-friendly. Sempat bingung dan bingung harus berbuat apa hingga akhirnya saya menemukan tombol setuju/tidak setuju di bagian bawah subformulir.

2. Klik submenu Ganti Daya pada bagian Web Perusahaan PLN. Kemudian klik tombol setuju. Akan muncul jendela pop-up, lalu klik OK.

3. Untuk memudahkan pengisian formulir, pertama kita masukkan ID pelanggan atau nomor meteran yang biasa kita gunakan untuk membayar listrik di pojok kanan atas, lalu klik tombol cari sehingga kita dapat menemukan informasi pelanggan. bagian dan data pelamar untuk menghasilkan Secara otomatis.

Klik tombol Hitung Biaya. Pada bagian Detail Biaya akan muncul total biaya yang akan kami transfer. Karena migrasi ini gratis, biaya yang kami bayarkan adalah nilai token yang pertama kali kami isi.

See also  Cara Mengembalikan Grup Whatsapp Yang Terhapus

Kronologi Warga Dimintai Biaya Rp 4,3 Juta Oleh Pln Usai Kirim Permintaan Pemindahan Tiang Listrik Halaman All

7. Kembali ke halaman https://jasa.pln.co.id/ lalu masuk ke submenu Entri Kode Otentikasi. Masukkan kode transaksi di bagian bawah email. Kemudian klik tombol Simpan.

Simpan nomor registrasi dan nomor agenda ini. Kemudian cek email Anda, kami akan menerima email baru lagi dari PLN untuk melakukan pembayaran.

8. Di sini langkah selanjutnya cukup dramatis. Bagaimana cara membayar? Belum ada panduan resmi untuk melakukan pembayaran ini. Saya mencoba mencari website PLN tetapi tidak dapat menemukannya. Saya akhirnya mencoba menghubungi customer service melalui DM ke akun twitter resmi @pln_123. Responnya sangat cepat, tapi…

Tapi semua panduan menyesatkan! Entahlah embak elfira semua jawabannya seperti copy paste dari google. Saya bolak-balik menunjukkan pesan transaksi gagal dan bukti tagihan terblokir. Sebenarnya saat saya membaca panduan pertama yang diberikan oleh Ibu Alfira, saya sempat curiga karena yang jelas nomor registrasinya 13 digit dan nomor agendanya 18 digit. Jadi apa saja 16 digit angka yang disebutkan dalam manual? Karena gagal terus, saya komplain lagi lewat DM. Katanya kita tidak bisa membayar lewat electronic banking, harus lewat teller bank atau ATM. Baiklah, akhirnya saya meminta Barry untuk membantu saya pergi ke ATM sesuai panduan Bu Elfira. Ternyata ZONK juga, Bre mencoba dua ATM berbeda namun tidak berhasil. Yah, mungkin sebaiknya aku pergi ke teller bank. Tapi karena pandemi, saya masih takut untuk pergi ke tempat keramaian, apalagi bank yang tidak pernah sepi.

Meteran Listrik: Pengertian, Jenis, Fungsi, Dan Prinsip Kerjanya

Seminggu kemudian saya kembali mencoba peruntungan dengan menghubungi customer service melalui DM ke akun Instagram @pln123_official. Jawabannya memakan waktu cukup lama, tetapi jawabannya bagus.

Oleh karena itu, untuk pembayaran terkait proses migrasi PLN Pascabayar ke Prabayar harus mengunjungi teller bank atau ATM. Elfira mengatakan, cara pembayaran di ATM yang benar hanya dilakukan sesuai prosedur. Di atas adalah oleh Moss Mutakin.

9. Setelah pembayaran berhasil, kita dapat mengecek status keimigrasian kita melalui halaman https://jasa.pln.co.id/ lalu masuk ke sub menu status permohonan. Masukkan nomor agenda atau nomor registrasi lalu klik tombol cari.

Saya melakukan pembayaran melalui ATM pada tanggal 1 Juli 2020, kemudian petugas PLN menghubungi saya pada tanggal 5 Juli 2020 untuk memasang meteran baru. Janji temu jam 3 sore, tapi menunggu sampai jam 7 malam baru sampai. Proses pemasangannya tidak memakan waktu lama, alat ukur yang sebelumnya berada di area outdoor pun tidak bisa dipindahkan ke area teras. Menurut dia, karena alat ukur baru ini tidak terkena air atau hujan, bisa saja terjatuh sehingga harus dipindahkan. Menurut petugas, untuk melakukan proses pemindahan alat ukur tersebut, kami harus datang langsung ke PLN pusat di Duren Tiga yang jaraknya sangat jauh dari rumah dan biayanya Rp 170.000. Ah~ sampai jumpa lagi

See also  Pju Tenaga Surya 50 Watt

Pengalaman Tambah Daya Listrik Untuk Rumah Tangga

Pada tanggal 8 Juli 2020, saya menerima pesan dari PLN melalui WhatsApp bahwa pelanggan harus membayar kompensasi UJL sebesar Rp 236.649 sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari terblokirnya perpanjangan kredit. Saya juga bingung, pesannya menjelaskan bahwa jumlah tersebut merupakan konsumsi listrik terakhir pelanggan sebelum migrasi. Kenapa sebesar itu, padahal setelah bayar listrik tanggal 4 Juli 2020, waktu tunda dari tagihan hingga migrasi hanya beberapa hari, tentu konsumsinya tidak bisa sebesar itu. Setelah saya teliti, ternyata solusi UJL itu seperti biaya wajib bulanan atau berlangganan yang hanya dibebankan pada pelanggan pascabayar. Anda dapat membaca detail lengkapnya di sini. Jika iya, untuk menghindari kompensasi UJL, sebaiknya migrasi dilakukan di akhir bulan atau sebelum laporan bulanan dicetak. Tapi sekali lagi, ini dugaan dan kesimpulan saya. Secara spesifik hanya PLN yang tahu.

Saya telah melakukan pembayaran melalui ATM sama seperti paragraf 8. Tanda terima yang dicetak dengan pernyataan adalah transfer layanan. Haha.. Tergantung kamu

Saya informasikan kepada penanggung jawab bahwa pada saat pemasangan meteran baru tidak akan terkena hujan dan bisa korslet, jadi lebih baik dipindahkan ke teras rumah yang aman. “Baiklah, Tuan, Anda bisa memindahkannya.” Saya mengatakan hal itu dan petugas mengatakan agar saya membuat laporan ke kantor pusat PLN di Duren Tiga. Katanya, pengajuan lewat web tidak bisa, dan tidak bisa datang ke kantor PLN di Lenteng Agung. Aduh repot.. Akhirnya saya pakai meteran malam itu juga dengan menggunakan taplak meja plastik bekas dan lakban.

Pada tanggal 6 Juli 2020, saya mencoba menyebutkan proses pergantian meteran ini melalui DM ke akun Instagram resmi @pln123_official. Walaupun responnya lama (sekitar 2 hari), alhamdulillah mereka bisa membantu prosesnya, jadi kami tidak perlu khawatir untuk pergi ke kantor PLN disana.

Cara & Biaya Tambah Daya Pln Terlengkap

Setelah membalas pesan dengan mengisi informasi lengkap, DM Instagram saya baru dibalas keesokan harinya (9 Juli 2020). Itu baru diproses setelah saya tanyakan dulu.

See also  Photoshop Cs6 Portable 32 Bit

Saya menerima pesan melalui WhatsApp pada 10 Juli 2020. Ini tentang tagihan yang harus dibayar untuk proses penggantian meteran. Biaya imigrasi prabayar dua kali lebih mahal dari yang dikatakan pejabat sebelumnya. Mulai dari Rp170.000 hingga Rp374.000. Mungkin, selain kasus kenaikan listrik yang ambigu ini, akan terjadi peningkatan biaya layanan lainnya juga. Mengapa? Sekali lagi, hanya Tuhan dan pengelola PLN yang tahu jawabannya.

Awalnya saya ragu, karena akun ini bukan nomor WhatsApp resmi. Sama seperti akun biasa, gambar profilnya diubah menggunakan logo PLN. Untuk memastikan dokumen PDF tersebut valid, saya menghubungi PLN kembali melalui DM Instagram resmi. Dan apa yang diumumkan resmi PLN itu benar adanya, ujarnya. Saya membayar melalui ATM pada tanggal 15 Juli 2020 (prosedurnya sama seperti poin 8) dan memverifikasinya di whatsapp no.

16 Juli 2020 yakni hari ini petugas PLN datang untuk mengganti meteran. Tapi mereka suruh saya beli kabel Topur 3 meter ukuran 325 berapa gesernya. Halo! Tentunya tetap harus membeli kabel sendiri, mereka hanya menggunakannya sebagai kabel hitam yang disambungkan dari tiang.

Batas Maksimal Pembayaran Listrik 900 Watt Dalam Sebulan

Ini dia. Drama migrasi PLN dan pergantian meter sudah usai. Pejabat ini mengatakan: Listrik akan dinaikkan dengan jumlah yang sama baik pascabayar maupun prabayar. Mereka bertanya kepada saya mengapa migrasi dibayar dimuka? “Ini benar-benar akan menjadi lebih mahal,” katanya. Ups???!!!

Saya selalu terpesona dengan situs resmi pemerintah. Saya belum pernah menemukan situs web yang begitu informatif, menarik, dan mudah digunakan. Lebih repot lagi dengan website Kemenag yang bisa mengecek nomor episode haji. Kesalahan tetap ada selama berbulan-bulan hingga lebih dari satu tahun. Tapi lumayanlah sekarang, fungsi keluaran pengecekan berfungsi dan banyak perubahan tampilan yang lebih enak dipandang. Nah, yang mengganggu saya saat ini adalah website PLN! PLN adalah BUMN terkaya di Indonesia, kenapa tidak bisa membuat website yang informatif dan mudah digunakan?

Setelah menggunakan listrik prabayar, tagihan listrik bulanan saya di rumah orang tua saya menghemat lebih dari Rs.150-250k. Tentu saja karena tidak ada biaya UJL untuk listrik prabayar. Konsumsi juga menjadi lebih teratur. Namun konsumsi listrik saya di rumah

Pemindahan meteran listrik, biaya pasang meteran listrik, biaya pemindahan meteran listrik, biaya pemindahan meteran pdam, biaya pemasangan meteran listrik, harga pemindahan meteran listrik, biaya ganti meteran listrik, biaya tambah meteran listrik, biaya meteran listrik, biaya geser meteran listrik, biaya pemindahan meteran listrik pln, biaya pemindahan meteran listrik token

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *